Perbedaan itu rahmat atau laknat




Selama ini kita sering mendengar bahwa hadist ''Perbedaan umatku adalah rahmat'' dinyatakan dhoif oleh syekh Al Bani dalam ad dhoifah 76-85. Dan Imam Subki AR berkata : hadist ini tidak dikenal oleh ahli hadist dan aku belum mendapatkanya baik degan sanad soheh,hasan, maudu atau pun dhoif.

BARANGKALI kita sering mendengar obrolan ''mana mungkin perbedaan itu rahmat, perbedaan itu laknat’ wong hadisnya juga dhoif …kang!!

Yah, sering hadis ini dijadikn hujah utk mengkritik dan menyerang pendapat lain yg bersebrangan, seolah tidak b0leh ada perbedaan pendapat ! APALAGI DENGAN SLOGAN 'KEMBALI PADA ALQUR'AN DAN HADITS'',EMANGNYA PARA SALAF TIDAK MERUJUK PADA QUR'AN HADIS?? TOH TETAP SAJA ADA PERBEDAAN...!! betul bahwa dlm masalah usul, jelas umat harus dalam satu pendapat, namun bagaimanakah pendapat salaf tentang masalah furu/fiqih ???

MARI KITA LIHAT PEMAPARAN BERIKUT INI :

(1) Alhafid alBaehaqi dalam kitabnya Almadkhol dan Azzarkasi dalam tadzkirah ahadist musytaharah menyatakan bahwa imam alqosim bin muhamad bin abi bakar Asshidiq ra berkata : perbedaan diantara sahabat muhamad adalah rahmat bagi hamba-hamba Allah.
Alhafid Al iraqi guru IMAM Ibnu Hajar berkata : ini adalah perkataan alqosim bin muhamad, BUKAN HADITS..

(2) Alhafid Ibnu Al Atsir dlm pembukaan kitabnya jami al ushul fil Ahadisi Rasul' menyebutkn bhw perkataan diatas dari imam malik sprt dikatakn ibnu almulaqin dlm Tuhfat Almuhtaz,dan As subki dlm ktbnya Tobaqot Asyafi iyah.

(3) baihaqi dan zarkasi jg menyebutkAn bhw IMAM qutadah bErkAta:bErkAta Umar bin Abd aziz RA’:aku tdk menyukai jika sahabat Muhamad SAW tdk brbeda pndpt,krn jika mrka tdk brbda pndpt,mk tdk akn ada toleransi bAgI kita.

(4) AL baihaqi menybutkn dlm Al madkhol dan Az zarkasi dlm Tadzkirah bhw Al Laits ibn Saad dari Yahya Ibnu Said ‘para ulama adlh org2 yg diberi keluasan/taosi’ah,mrka yg brfatwa tdk hnti2 utk berbeda,shgg seseorang membolehkn sesuatu,sdgkan yg lain melarangnya tanpa menyalahkn yg lainya,ktk ia tau pndpt yang lainnya,

(5)-Alhafid As Sakhowi brkata dlm Maqosid Alhasna 39 stlh mengutip pernytaan di atas: 'sy tlh membc tulisan tngn syaikh kami/ibnu hajar tntg riwayat Al Laits adlh rfrnsi yg paling trknal bAgI hadis Rasul SAW‘dikutif oleh ibnu hazib dlm bab qiyas yg brbunyi ikhtilafu umati rahmatun lin nas’:bhw emg hal itu tdk ada ASALNYA (la asla laha) namun wlo bgtu Al Khotobi brkta:memang dlm hadis ini tdk trlepas dari ksalahan tp memiliki dasar dlm penetapAn krn adanya perbedaan diantara PARA sahabat.

(6)-Al Iraqi stlh brkata poin 1 smp 5 diatas Di dlm KITAB Mugni Alhaml Al Asfar SERAYA menambahkan:apa yg dimaksud PERBEDAAN DALAM komunitas disini adlh mrka yg berkopmpeten dlm melakukan ijtihad dlm cabang hukum furu,artinya bukan dlm aqidah,krna AQIDAH diketahui HANYA ada 1 kbenaran,apabila mujtahid atau yg lainnya berbeda dlm asal aqidah otomatis terlepas dari islam

IBNU HAZM DLM ALHIKAM FI USHULI AHKAM 5/64 BERKATA-PERKATAAN ”PERBEDAAN PENDAPAT DARI UMATKU ADLH RAHMAT” ITU PERKATAAN YG PALING KELIRU KARENA JIKA PERBEDAAN ADALAH RAHMAT,MAKA BERARTI PERSAMAAN ADALAH LAKNAT,DAN TDK MUNGKN MUSLIM MENYATAKAN INI,KARENA YG ADA HANYA PERSAMAAN ATAU KALAU TDK,BERARTI PERBEDAAN,INTINYA YG ADA HANYA RAHMAT ATAU SEBALIKNYA YAITU LAKNAT.

IMAM NAWAWI MEMBANTAH PANDANGAN IMAM IBNU HAZM INI DLM SYARH SOHEH MUSLIM JIKA SESUATU DIKATAKAN RAHMAT BELUM TENTU KEBALIKANNYA ADALAH LAKNAT,TIDAK ADA SEORANG PUN MEMBUAT KESIMPULAN SEPERTI ITU KECUALI ORANG YG ACUH DAN TAASUB, ALLAH BERFIRMAN-DAN DIANTARA RAHMAT ALLAH,DIA MENJADIKAN MALAM UTKMU SEHINGGA KAMU BERISTIRAHAT DI DLMNYA’(FURQON 47) ALLAH MENYEBUT MALAM SEBAGAI RAHMATNYA,DAN TDK MENGATAKAN LAWANNYA YAITU SIANG SEBAGAI LAKNAT.

(7) IBNU QUDAMAH HAMBALI MENYATAKAN DLM AL AQO'ID ‘PERBEDAAN PENDPT DLM UMATKU ADALH RAHMAT,KESEPAKATAN PADA MEREKA ADALAH BUKTI...!

(8) AS SATIBI DLM AL I-TISOM BERKATA-SEJUMLAH BESAR SALAF PERCAYA BAHWA PERBEDAAN PENDAPAT UMAT DLM FURU SEBAGAI JALAN ROHMAT.

(9) DLUMRA IBNU RAJA MERIWAYATKAN:UMAR BIN ABDIL AZIZ DAN ALQASIM BIN MUHAMMAD BERTEMU DAN MULAI MENGKAJI HADITS,UMAR BIN ABDIL AZIZ RA KEMUDIAN MULAI MENYEBUTKAN SOAL YG BERBEDA DGN APA YG DISEBUTKAN ALQOSIM,MAKA AL QASIM BIN MUHAMAD TERUS MENGAJAK BERDISKUSI HINGGA PERMASALAHAN SAMPAI PADA TITIK,MAKA UMAR BIN ABDIL AZIZ RA BERKATA PADANYA:JGN LAKUKAN!! JGN TANYAKAN KENAPA BERBEDA?! AKU TDK MENYUKAI PENGHAPUSAN RAHMAT ALLAH DARI PERBEDAAN2 MEREKA.WALHAMDULILLAH..!

JADI KALAU MAU MEMAKSAKN PENDAPAT,APALAGI VONIS SESAT PADA YG BERBEDA DALAM FURUIYAH,BERARTI MAU MENGHAPUS RAHMAT ALLAH.

# NAUDZU BILLAH MIN SYURURI ANFUSINA..#

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Jenazah Tidak Wajib dimandikan Jika Bisa Mandi Sendiri

Hukum Menggunakan Jalan Umum untuk Hajatan Pernikahan

Pelaku Bom Bunuh Diri Bukan Mati Syahid